Tentang Kami

RASAFAPACK mempunyai layanan lengkap mulai dari OPP Tape / Lakban, Lakban Fragile, Bubble Wrap, Plastik Wrap/Stretch Film, Solasi, Tali, Polymailer, kardus dan lain-lain. Selain merk RASAFAPACK kami juga menyediakan merk dagang yang lainnya.

Contact Info

© RASAFAPACK All Rights Reserved.

Yuk Kenalan! Definisi, Fungsi Hingga Jenis-Jenis Bubble Wrap

Bubble wrap merupakan satu dari sekian banyak bahan pengemasan yang lazim digunakan masyarakat. Terutama sebagai perlindungan ekstra selama pendistribusian atau pengiriman barang agar lebih aman dari berbagai risiko.

Singkatnya, penggunaan bubble wrap semakin meningkat pesat baik di Indonesia maupun di dunia. Bahkan di Indonesia, ada begitu banyak penyedia bubble wrap yang meramaikan sektor perdagangan dan industri lokal. Anda salah satu yang menggunakan produknya? Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak seputar bubble wrap, pastikan untuk terus menyimak ulasan di bawah ini!

Definisi Bubble Wrap

bubble wrap rasafa pack

Bubble wrap adalah salah satu kemasan yang terbuat dari bahan dasar plastik bertekstur lembut. Plastik wrap ini juga memiliki permukaan berbentuk lembaran dengan gelembung kecil yang membuatnya berfungsi sebagai peredam dan penahan benturan. 

Gelembung pada bubble wrap tersusun rapi berisikan udara sehingga menonjol ke atas dan lebih fleksibel digunakan untuk membungkus berbagai produk.

Dalam pembuatannya, bubble wrap untuk packing menyimpan udara yang terkunci antara dua lapisan film polietillena. Kondisi inilah yang membuatnya mampu meredam bahkan mengurangi risiko dari benturan. Untuk ukuran gelembung, bubble wrap memiliki ukuran gelembung yang bervariasi dari diameter 6 mm hingga 1 cm.

Semakin besar ukuran gelembung maka semakin baik pula tingkat perlindungan yang diberikan bubble wrap. Selama ini bubble wrap lebih banyak digunakan untuk pengemasan barang jenis pecah belah, benda yang mudah rusak dan berbagai produk elektronik. 

Secara umum bubble wrap tersedia di pasaran dalam bentuk roll, jenis lembaran serta terdapat plastik wrap berbentuk khusus yang dimasukkan ke dalam wadah. 

Agar lebih hemat, Anda bisa memilih bubble wrap ukuran 1 roll untuk pengemasan atau pendistribusian produk. Selain itu, penjual juga memiliki beberapa variasi warna bubble wrap seperti hitam, biru, hijau dan merah yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Keunggulan Menggunakan Bubble Wrap Rasapack untuk Packing Barang

Tidak sembarang digunakan, bubble wrap berkualitas menawarkan banyak sekali keunggulan dalam kegiatan packing barang. Beberapa keunggulan tersebut ialah sebagai berikut:

  • Sebagai Perlindungan Dari Benturan

Dengan tekstur gelembung berisikan udara, sangat mungkin bagi bubble wrap untuk melindungi berbagai produk dari benturan. Bahkan dalam kondisi ekstrim di mana barang tidak sengaja terjatuh. Untuk itu, pastikan Anda memilih ukuran bubble wrap yang sesuai dengan barang yang akan dikemas.

  • Perlindungan Dari Risiko Basah

Dengan menggunakan bubble wrap untuk pengemasan barang, Anda tidak perlu takut dengan risiko basah. Pasalnya bahan dasar pembuatan bubble wrap grosir terbukti tahan air.

  • Termasuk Bahan Packing Yang Ringan

Dibandingkan bahan pengemasan lainnya, bubble wrap tergolong memiliki bahan yang cukup ringan bahkan tidak akan menambah berat barang secara signifikan ketika dimanfaatkan untuk packing barang tertentu. Tentu saja hal ini sangat penting mengingat berat barang akan sangat mempengaruhi tarif pengiriman. Untuk itu jangan ragu menggunakan bubble wrap roll.

  • Terjangkau

Selain mudah didapatkan, bubble wrap juga sangat terjangkau. Saat ini ada banyak penyedia jasa jual bubble wrap di berbagai wilayah Indonesia dengan sistem pemesanan yang mudah, baik secara offline maupun online yang bisa Anda percaya.

  • Bisa Dimanfaatkan Sebagai Dekorasi Ruangan

Anda bisa mencoba hal ini. Pasalnya dengan menyuntikkan tinta atau cairan warna dengan motif ke dalam gelembung bubble wrap akan memberikan tampilan menarik dan estetik pada ruangan. Anda bisa menempelkan hasilnya di dinding atau sisi rumah lain.

  • Bisa Menjaga Suhu Makanan

Selain membungkus barang, bubble wrap juga lazim digunakan untuk membungkus berbagai makanan karena terbukti lebih mampu mempertahankan suhu makanan, baik makanan dalam kondisi hangat maupun dingin.

  • Membantu Menjaga Kualitas Buah Dalam Lemari Es

Memang menyimpan buah di lemari es termasuk cara paling efektif. Akan tetapi, ketahanan penyimpanan dalam kulkas tersebut tidak bertahan lama. Untuk meningkatkan daya tahan dan kualitas kandungan dalam buah ada baiknya menggunakan pembungkus tambahan berupa bubble wrap roll murah.

  • Bisa Mengurangi Tingkat Stres

Mungkin Anda sudah sering mendengar fakta satu ini. Caranya cukup unik yaitu dengan meletuskan gelembung bubble wrap. Ketika melakukan hal tersebut Anda akan mendapatkan perasaan lega, bahagia bahkan menghilangkan tekanan stres. Jika Anda memiliki bubble wrap packing produk atau bubble wrap untuk pindahan rumah, coba sesekali melakukannya.

Jenis-Jenis Bubble Wrap yang Beredar di Pasaran

Bubble wrap tersedia dalam beberapa jenis dengan fungsi tertentu. Di bawah ini ialah beberapa jenis bubble wrap yang umumnya beredar di pasaran serta telah digunakan berbagai industri di Indonesia dan dunia, yaitu:

1. Bubble Wrap Roll

Ini merupakan jenis bubble wrap yang paling sering kita temukan di pasaran, baik sebagai pembungkus paket belanjaan, pembungkus gelas piring, barang elektronik dan lain sebagainya. Dibandingkan jenis lain, bubble wrap ini termasuk bubble wrap ukuran paling bervariasi yang bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan.

Dalam perkembangannya, jenis ini dibagi menjadi 2 yaitu bubble wrap reguler dan heavy duty. Bubble wrap reguler memiliki ukuran yang lebih besar dengan ukuran gelembung 10 mm hingga 20 mm. Sedangkan bubble wrap heavy duty memiliki ukuran yang sama namun dengan struktur dua lapisan datar di bagian sisi luar dalam. 

2. Bubble Wrap Foil

Foil bubble wrap termasuk jenis bubble wrap tebal berwarna metalik yang mampu menjaga suhu produk sekaligus melindunginya dari risiko kerusakan. Bubble wrap jenis ini memiliki tambahan laminasi lapisan foil dengan spesifikasi kualitas thermal yang bisa melindungi barang dengan tingkat kerentanan terhadap perubahan suhu.

3. Bubble Wrap Foam

Jenis ini telah dilapisi bantalan busa dengan tebal 0.5 mm di salah satu sisinya. Kondisi ini membuatnya mampu melindungi produk yang sifatnya halus, rentan dan rapuh.

4. Bubble Wrap Anti Statis

Sesuai namanya, bubble wrap ini biasanya digunakan untuk pengemasan barang elektronik hingga suku cadang listrik agar terlindungi dari risiko penimbunan listrik statis hingga risiko timbul arus pendek yang sangat berbahaya.

5. Kraft Backed Bubble Wrap

Jenis ini telah dilapisi penutup kertas kraft sesuai namanya. Penutup ini memiliki daya tahan yang kuat sehingga cocok digunakan untuk pengemasan furniture kayu maupun barang berat lainnya. Baca juga ulasan lengkap tentang bubble wrap isi ulang

6. Bubble Wrap Kantong

Umumnya bubble wrap kantong dibuat dengan penutup yang memiliki perekat. Plastik ini cukup efisien digunakan dan praktis plus hemat.

7. Bubble Wrap Tabung

Plastik bubble wrap tabung dibuat secara khusus untuk pengemasan barang berukuran panjang yang  biasanya sulit untuk dikemas saat proses pengiriman.

8. Protecta Soft Protective 

Dengan kualitas premium, bubble wrap jenis ini umumnya digunakan untuk membungkus furniture yang akan disimpan dalam jangka waktu lama. Biasanya perusahaan furniture yang menggunakannya selama ini.

Itulah sedikit ulasan mengenai definisi, keunggulan hingga macam jenis bubble wrap rasafapack, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda ya!

Leave A Comment

× Tanya Admin